Contoh Curriculum Vitae (CV) dan Tips Membuat Curriculum Vitae (CV)

.... ... ... ...
Curriculum vitae (CV) adalah sebuah dokumen daftar riwayat hidup seseorang yang berisi mengenai data diri, pengalaman seseorang, keterampilan dan kualifikasi lainnya. Curriculum vitae bisanya digunakan sebagai salah satu dokumen yang dilampirkan dalam surat lamaran kerja.
Jika anda inigin menulis menulis CV, maka posisikan diri Anda sebagai orang yang hendak membaca CV. Hal ini bertujuan untuk mengoreksi apakah CV yang dibuat mampu membuat orang tertarik atau tidak.

Perbedaan curriculum vitae dengan resume
Saat anda melihat CV, kita sering berpikir bahwa ini adalah bentuk lain dari resume. Memang cv dan resume hampir sama, Tetapi sebenarnya antara cv dan resume itu ada sedikit perbedaan. 
Perbedaan tersebut diantaranya pada bagian isi, tujuan dan panjang tulisan.
Resume adalah rangkuman dari pengalaman, keahlian, dan pendidikan anda yang dituliskan dengan jumlah kurang dari dua halaman. . Tujuan membuat resume adalah untuk menggambarkan secara singkat, padat dan jelas kualifikasi yang anda miliki, sehingga dapat dengan mudah dipahami meskipun dibaca hanya dibaca sebentar saja. 
sedangkan CV atau Curriculum Vitae biasanya dibuat lebih panjang dari resume dan jumlah halamannya bisa lebih dari dua halaman yang isinya menggambarkan latar belakang pendidikan, penghargaan yang pernah diraih serta prestasi apa saja yang telah diukir hingga saat ini. Sebenarnya Dalam membuat resume hal-hal tersebut juga dijelaskan tetapi hanya secara ringkas dan tidak seperti di CV yang penggambarannya lebih terperinci.


Perbedaan cv dengan resume
Sumber gambar :http://4.bp.blogspot.com/
Kapan memakai resume dan kapan memakai CV
CV di Amerika  biasanya dipakai untuk  masalah akademik misalnya untuk mengajukan permohonan beasiswa maupun proposal penelitian. Sedangkan Resume biasanya dipakai pada dunia kerja karena dianggap lebih singkat serta jelas dan isinya sudah mencakup skill yang diperlukan perusahaan.
Sedangkan di Asia, Timur Tengah dan sebagian negara Eropa CV biasanya dipakai untuk masalah akademik maupun untuk keperluan melamar pekerjaan.
Jika timbul pertanyaan anda harus memakai yang mana? maka jawabannya anda tinggal memiilih yang sesuai dengan apa yang perusahaan minta, dan apabila anda  lebih nyaman dengan yang singkat maka silahkan pakai resume.




Hal - hal yang harus ada DALAM CURRICULUM VITAE (CV)

1. Data diri
Bagian ini berisi mengenai data diri Anda pada saat ini, contohnya nama lengkap, nomor telepon, alamat rumah, maupuh identitas diri anda lainnya. Jangan sampai salah dalam menulis data diri anda. Jangan lupa cek juga kontak yang ditulis agar tidak terjadi kesalahan seperti email atau nomor handphone karena melalui kontak yang anda tulislah anda nantinya akan dihubungi oleh perusahaan apabila anda dianggap memenuhi kriteria atau kualifikasi yang telah ditetapkan.

2.Jenjang Pendidikan
Pada curriculum vitae tuliskan juga latar belakang pendidikan anda mulai dari pendidikan dasar hingga tingkat perguruan tinggi. Anda juga bisa mencantumkan pendidikan non formal dengan harapan akan memberikan nilai tambah diri anda di mata pembaca.

3.Pengalaman Kerja
Bagi anda yang bukan fresh graduated, penulisan pengalaman kerja dalam cv biasanya adalah salah satu bagian yang seringkali diperhatikan oleh perusahaan yang ingin merekrut pegawai baru. Dari pengalaman kerja yang dituliskan pada cv tentunya akan menggambarkan seorang pelamar cocok atau tidak untuk ditempatkan pada posisi pekerjaan yang disediakan lowongan oleh sebuah perusahaan. Dengan membaca pengalaman kerja maka perusahaan dapat mengetahui skill serta pengalaman anda. Maka dari itu pada bagian pengalaman kerja tulislah dengan detail.

4.Skill
Jangan lupa untuk menuliskan juga kemampuan yang anda miliki untuk menambah nilai jual diri anda. Jangan terlalu terpaku pada kemampuan-kemampuan yang biasa orang tuliskan pada cv misalnya : dapat berkomunikasi dengan baik, dapat bekerja sama dalam tim, cepat dalam belajar hal - hal baru atau kata - kata lainnya. Anda harus kreatif mencantumkan keahlian anda lainnya misalnya : menguasai beberapa bahasa asing, ahli menggunakan aplikasi-aplikasi komputer ataupun keahlian nyata lainnya.
5.Training atau pelatihan yang pernah diikuti
Dalam cv anda cantumkan juga training apa saja yang pernah Anda ikuti, Jika Anda pernah mengikuti banyak training dan apabila dituliskan semua akan terlalu panjang, maka anda cukup memiilih beberapa training yang sekiranya memiliki nilai jual besar di mata perusahaan atau yang mungkin berhubungan dengan posisi lowongan kerja yang disediakan perusahaan.

6.KEGIATAN EKSTRAKULIKULER (Organisasi)
Kegiatan di organisasi beserta jabatannya sangat penting untuk dicantumkan karena akan sangat menambah nilai jual anda. Hal ini menunjukkan anda dapat bekerja dalam tim dan menunjukkan anda mampu membagi waktu dengan baik antara urusan organisasi dengan urusan lainnya. Apalagi jika anda pernah menduduki jabatan - jabatan tinggi dalam suatu organisasi ternama maka hal itu akan membuat perusahaan sangat tertarik.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Ketika Membuat Curriculum Vitae (CV)
Dalam membuat Cv jangan sampai anda melakukan kesalahan ketika membuat Curriculum vitae (CV). Kersalahan-kesalahan tersebut antara lain :

1.Hindari Pengulangan kata-kata
Jangan terlalu banyak mengulang kata yang sudah dipakai

2.Hindari kesalahan penulisan (typo)
Cek lagi Cv anda jangan sampai ada salah penulisan

3.Menggunakan Format Standar
Bagi orang yang malas, dalam membuat cv dia hanya melihat template dari internet. Padahal, sebenarnya membuat format sendiri yang sekiranya dianggap lebih menarik juga diperbolehkan. Sehingga anda akan terlihat berbeda dari pelamar lainnya

4.Hindari Penjabaran yang Terlalu panjang
Dalam membuat Cv anda cukup memilih kata-kata yang singkat, padat dan jelas 

5.Hindari Hal-hal yang dirasa Alay
Menggunakan hal-hal yang dirasa alay dalam cv bisa saja membuat perusahaan mencap anda jelek. Jadi, anda harus menghindari hal-hal yang sekiranya dapat menyebabkan Anda dianggap kurang profesional dalam curriculum vitae. Misalnya mengenai alamat email anda. Maka Pilihlah alamat email yang mudah dilafalkan dengan nama yang membuat anda terlihat lebih profesional.

6.Hindari Penggunaan Foto yang Tak Profesional
Pakailah foto standar yang resmi, jangan gunakan foto yang tidak sewajarnya dipakai dalam cv.

Contoh Curriculum vitae (CV) bahasa inggris.
Sumber gambar : http://resepmasakanku.co/


BAGAIMANA CARA MEMBUAT CURRICULUM VITAE ? APA TIPS MEMBUAT CV YANG MENARIK?

1. RAPI DAN MUDAH DIBACA
Untuk dapat menarik perhatian perusahaan agar dapat menerima anda maka berikan kesan pertama yang baik. Curriculum vitae yang Anda kirimkan ke perusahaan tempat anda melamar merupakan kesan pertama bagi perusahaan untuk menilai anda apakah layak atau tidak untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Jadi jangan membuat CV yang membuat perusahaan kesulitan membacanya sehingga akan mengakibatkan lamaran kerja anda ditolak. Buatlah CV anda dengan menggunakan bahasa baku, sesuai EYD dan dibuat dengan rapi sehingga perusahaan dapat menilai anda seseorang yang selalu ingin memberikan hasil yang terbaik dalam bekerja. 

2.MEMBERIKAN INFORMASI jujur , Ringkas dan LENGKAP
Curriculum vitae yang baik adalah curriculum vitae yang menyajikan informasi lengkap dan ringkas mengenai pribadi anda sehingga akan memudahkan perusahaan untuk menangkap informasi yang anda tuliskan. Tulislah Cv dengan jujur karena biasanya akan ditanyakan juga pada saat wawancara.

3.KONSISTENSI KARIR
Maksud dari konsistensi karir disini yaitu jika Anda bekerja pada suatu posisi tertentu secara konsisten (tetap). Karena perusahaan jika membutuhkan seseorang untuk mengisi suatu posisi biasanya akan lebih tertarik pada orang-orang yang dahulunya konsisten menduduki posisi yang sama dengan yang dibutuhkan perusahaan saat ini .
Contohnya kasusnya seperti ini, jika ada seorang yang bekerja dengan posisi di bagian marketing pada suatu perusahaan dimana ia sejak awalnya menempati bagian marketing dan 6 setelahnya dia masih berada pada bagian marketing,maka dia mempunyai peluang yang lebih besar untuk diterima di perusahaan tempat dia melamar untuk bagian marketing dibandingkan dengan pelamar-pelamar yang berlatar belakang marketing tetapi tidak bekerja di bagian marketing selama orang pertama tadi.
Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena pihak perusahaan tentunya paling tertarik terhadap spesialis seperti orang tadi untuk menempati setiap posisi yang kosong.

4.Jenjang Karir
Apabila anda bukanlah seorang fresh graduated atau sudah pernah bekerja di suatu perusahaan maka Jenjang karir Anda di perusahaan yang dahulu bisa jadi dipertimbangkan oleh perusahaan tempat anda melamar untuk menerima anda atau tidak. 
Contohnya orang marketing tadi, dia awalnya mengawali karir dari bagian paling bawah di bagian marketing hingga dia terus naik jabatan dan menempati posisi tertinggi di bidang marketing. Hal ini menandakan bahwa orang tersebut bekerja dengan baik sehingga mendapat prestasi beerupa promosi jabatan.

5. ACHIEVEMENT (prestasi)
Jangan lupa juga tuliskan achievement atau prestasi yang pernah didapatkan dalam tiap posisi atau jabatan yang pernah ditempati. jangan takut dikira sombong karena saat menulis CV inilah anda dianggap boleh menyombongkan prestasi anda dengan tujuan membuat perusahaan tertarik 

6.CUSTOM MADE
Custome made artinya membuat CV yang sekiranya sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. Jadi anda menulis sebuah curriculum vitae sesuai atau minimal mendekati kualifikasi yang ditentukan perusahaan. Tetapi jangan anda berbohong jika anda memang belum mampu memenuhi kompetensi minimal yang ditetapkan perusahaan yang membuka lowongan.
Contoh kasusunya, jika anda melihat info lowongan pekerjaan maka disitu biasanya tertera kompetensi minimal yang harus dipenuhi untuk dapat diterima di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, anda perlu menyesuaikan CV anda untuk menampilkan kesan bahwa skill yang anda miliki mampu memenuhi atau minimal mendekati kompetensi yang dibutuhkan tersebut. Jangan menuliskan skill anda secara umum saja, usahakan utamakan menulis skill anda yang sesuai dengan yang perusahaan butuhkan.


Contoh Curriculum Vitae (CV)
sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/
CONTOH CURRICULUM VITAE (CV)

Contoh Curriculum Vitae Bahasa Indonesia

Data Pribadi

Nama : Oky Pras
Tempat, Tanggal lahir : Ambon, 8 Mei 1995
Agama : Islam
Alamat rumah : Jl cipeteh No. 23 Slader Ambon
Nomer telepon : 0896764247898
Email : prasoky@gmail.com


Riwayat Pendidikan

Pendidikan Formal:
2001 sampai 2007 : SD 1 Slader
2007 sampai 2010 : SMPN 5 Slader
2010 sampai 2013 : Singapore international school
2013 sampai 2016 : S1 Teknik Metalurgi Universitas slader


Pendidikan Non Formal:
2014 : Kuliah Pengabdian Masyarakat
2016 : Pendidikan dan Latihan Komputer


Riwayat Organisasi

Mei 2013 sampai Mei 2014 : Ketua Unit kegiatan mahasiswa Beladiri UI
Januari 2015 sampai Januari 2016 : Ketua Paguyuban Mahiswa ambon di UI


Pengalaman

Januari 2015 - Desember 2016 : Tenaga Pemasaran di CV. Samudera


Keahlian Komputer

Microsoft Office (MS. Word, MS. Excel, MS. PowerPoint) dan Internet.


Demikian Curriculum Vitae ini saya buat dengan sebenar-benarnya, semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


Hormat saya,




Oky Pras





Contoh Curriculum vitae (cv) Bahasa Inggris
Personal Detail
Name : Bonbon
Sex : Male
Religion : Islam
Nationality : Singapore
Marital status: Single
Address : Jl. Auli 87 Cikedap Subang
Place and date of birth : Subang, May 8, 1990
Phone number: 08977765433
Email: bonbon@yahoo.co.id

Educational Background
1996-2002: SDN Ndares 1 Subang
2002-2005: SMP Al Azhar Subang
2005-2008: SMA 29 Subang
2008-2012: Civil Engineering department in University of Indonesia

Organizational experience
September 2009 - September 2010: Members of the Association of majors University of Indonesia
June 2011 - June 2012: Members of Student Activity Unit University of Indonesia

Job experience
1. Four months on the job training on PT. construction
2. Two months on the job training on PT. Palapa
3. Two year working on PT Freeport 
4. Three years working on Wika

Personality
I am a funny person, I was able to work with other people, I am most afraid of the old man and the religion I profess. According to my friends kind and helpful person, other than that I have never been late when it comes to school and come to my previous job.

Other advantages
I speak English and I was able to operate a computer.


Cirebon, February 27, 2016

Bonbon


Sekian artikel tentang curriculum vitae. Semoga bermanfaat bagi anda para fresh graduate yang pertama kali akan melamar kerja atau bagi siapapun yang ingin melamar kerja. Semoga bermanfaat

0 Response to " Contoh Curriculum Vitae (CV) dan Tips Membuat Curriculum Vitae (CV) "

Poskan Komentar