Teks Proklamasi dan Peristiwa Sekitar Proklamasi Secara Singkat

.... ... ... ...
Pada saat ini bangsa Indonesia telah menjadi bangsa yang merdeka, dimana bangsa Indonesia sudah tidak diajajah secara fisik oleh  negara lain. Hal ini patut kita syukuri walaupun sebenarnya pada saat ini bangsa Indonesia masih dijajah dengan berbagai cara tanpa cara perang oleh bangsa lain. Seperti Sumber daya alam Indonesia dikuasai asing, bangsa asing mencoba mengambil budaya kita ataupun cara penjajahan non fisik lainnya.
Soekarno membaca teks proklamasi
Sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/


Merdekanya bangsa Indonesia tidak lepas dari sikap berani rakyat Indonesia melawan penjajah. Peristiwa sekitar proklamasi yang cukup terkenal adalah peristiwa Rengasdengklok yaitu Bung karno (bersama Fatmawati dan Guntur yang baru berusia 9 bulan) dan Bung Hatta  dibawa para pemuda ke daerah Rengasdengklok, Karawang. 



Baca Juga : Penjelasan Lengkap Narrative Text dan Kumpulan Contoh Narrative Text Berbagai Tema beserta arti dan generic structurenya

Tujuan peristiwa Rengasdengklok adalah agar Bung karno dan Bung Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang. Di sini, mereka kembali meyakinkan Soekarno bahwa Jepang telah menyerah dan para pejuang sudah siap untuk melawan Jepang, apa pun risiko yang kelak dihadapi. Di Jakarta, golongan muda, Wikana, serta golongan tua, yaitu Mr. Ahmad Soebardjo melaksanakan perundingan. Mr. Ahmad Soebardjo setuju untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Jakarta. maka diutuslah Yusuf Kunto untuk mengantar Ahmad Soebardjo ke Rengasdengklok dengan tujuan menjemput Bung Karno dan Bung Hatta untuk kembali ke Jakarta. Mr. Ahmad Soebardjo sukses membuat yakin para pemuda untuk tidak terburu - buru dalam melaksanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Setibanya di Jakarta, mereka pulang ke rumah masing-masing. Karena hotel Des Indes (sekarang kompleks pertokoan di Harmoni) tidak bisa dipakai untuk pertemuan setelah pukul 22.00 WIB, maka tawaran Laksamana Muda Maeda untuk memakai rumahnya (sekarang gedung museum perumusan teks proklamasi) sebagai tempat rapat PPKI disetujui oleh para tokoh Indonesia.

Perumusan Naskah proklamasi dilakukan di rumah milik Laksamana Tadashi Maeda. Setelah konsep proklamasi disepakati, Sajuti Melik mengetik naskah tersebut. 

Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada hari jumat pukul 10.00 WIB tanggal 17 Agustus 1945 Masehi (tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang dan tanggal 8 Ramadhan 1364 jika menggunakan Kalender Hijriah) melalui proklamasi yang dibacakan Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Setelah pembacaan proklamasi, bendera merah putih hasil jahitan Ibu Fatmawati dikibarkan. Pengibar bendera saat proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 adalah Chudanco (Komandan Kompi) Abdul Latief Hendraningrat dan seorang pemuda dari barisan pelopor, yaitu S. Soehoed atau nama lengkapnya Suhud Sastro Kusumo


Suasana pengibaran pendera merah saat proklamasi
Sumber gambar : http://jadiberita.com/




Berikut ini adalah isi teks proklamasi
Naskah proklamasi atau isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. 
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., 
diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja. 
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05 
Atas nama bangsa Indonesia. 
Soekarno/Hatta.


Berikut ini adalah gambar teks proklamasi kemerdekaan atau naskah proklamasi kemerdekaan  :
Naskah proklamasi atau teks proklamasi asli tulisan tangan
Naskah proklamasi atau teks proklamasi kemerdekaan
sumber gambar : wikipedia


Peristiwa Detik-detik proklamasi merupakan peristiwa sangat bersejarah dalam kehidupan bangsa ini. Dimana setelah dibacakannya proklamasi bangsa ini menyatakan kemerdekaannya. Pada masa ini kita sebagai generasi penerus tinggal meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa dengan cara mengisi kemerdekaan. Salah satu bentuk mengisi kemerdekaan adalah dengan cara selalu mengutamakan kepentingan bangsa ini dibandingkan kepentingan pribadi atau golongan. Sesuai dengan yang dilakukan para pahlawan kemerdekaan dulu dimana mereka menyingkirkan kepentingan pribadi demi terwujudnya Indonesia merdeka.


Sekian artikel tentang proklamasi beserta isi teks proklamasinya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang menguasai dunia ini.

0 Response to " Teks Proklamasi dan Peristiwa Sekitar Proklamasi Secara Singkat "

Posting Komentar