Puisi Chairil anwar (Karya Sastra Chairil Anwar) ::: Download .docx

.... ... ... ...
Chairil anwar.

Anda pasti sudah tidak asing atau sering mendengar nama yang disebutkan penulis di atas. Ya, chairil Anwar adalah salah seorang penulis karya sastra yang sangat terkenal di Indonesia. Chairil Anwar lahir dilahirkan di Sumatera Utara tepatnya yaitu di kota Medan pada tanggal 26 juli 1922. 

Tokoh yang satu ini dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu penyair terhebat yang pernah dilahirkan negara kita ini. Nama Chairil Anwar mulai dikenal dalam dunia sastra setelah tulisannya dimuat di Majalah Nisan pada tahun 1942, saat itu usia Chairil Anwar baru menginjak 20 tahun. Ia dijuluki dengan sebutan "Si Binatang Jalang" (julukan ini berasal dari karyanya yang berjudul Aku)

Bersama Rivai Apin dan Asrul Sani, chairil anwar dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan '45 sekaligus puisi modern Indonesia. 
Chairil anwar meninggal pada tanggal 28 April 1949 pada usia yang masih cukup muda yaitu 26 tahun. Chairil anwar meninggal di jakarta tepatnya di Rumah Sakit CBZ (sekarang Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo) Karena penyakit yang menyerangnya. Menurut catatan pihak rumah sakit tersebut, chairil anwar dirawat karena terserang tifus. Tetapi, ada riwayat yang mengatakan bahwa chairil anwar sebenarnya sudah sejak lama terserang penyakit paru-paru dan infeksi yang membuat kondisi tubuhnya semakin lemah. Chairil anwar dikebumikan sehari berselang di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta. Makam chairil anwar diziarahi oleh para pengagumnya dari masa ke masa. Hari meninggal chairil anwar juga selalu diperingati sebagai Hari Chairil Anwar

Umur Chairil anwar memang tidak panjang. Akan tetapi, chairil anwar telah mewariskan banyak hal bagi perkembangan dunia sastra di Indonesia termasuk peninggalan – peninggalannya berupa kumpulan puisi karya chairil anwar serta jenis karya - karya sastra lainnya.


Foto chairil anwar
sumber gambar : http://ailopyu.weebly.com/chairil-anwar.html


Itulah biografi singkat chairil anwar, untuk biografi lebih lengkapnya anda bisa baca artikel atau tulisan mengenai biografi chairil anwar yang tentunya sangat mudah untuk dicari.

Cukup banyak puisi karya chairil anwar, dari sekian banyak puisi puisi chairil anwar, bisa dibilang puisi aku karya chairil anwar merupakan karya chairil anwar yang paling terkenal karena bagi orang awam yang memang bukan penikmat berat karya sastra, puisi chairil anwar aku ini pasti mereka tahu. Apalagi bagi orang – orang yang memang penggemar berat karya sastra khususnya puisi, pastilah mereka tahu lebih banyak mengenai puisi karangan chairil anwar lainnya seperti puisi diponegoro, karawang-Bekasi, derai-derai cemara, tuti artic, cintaku jauh di pulau, di  masjid, persetujuan dengan bung karno dan masih banyak lagi puisi terkenal karya chairil anwar lainnya. Banyak karya chairil anwar yang cocok untuk disajikan dalam musikalisasi puisi.

Banyak puisi ciptaan chairil anwar dan puisi puisi chairil anwar tersebut memiliki tema – tema yang berbeda, seperti tema kehidupan, perjuangan, kemerdekaan ,romantisme cinta, persahabatan, religi dan lain –lain.

Dalam artikel ini disajikan kumpulan puisi chairil anwar dengan berbagai judul yang bisa di download. Total ada 24 puisi chairil anwar yang bisa di download dari link di bawah ini dalam bentuk file .docx atau microsoft word file.


Puisi - puisi Chairil Anwar. docx
Jika tidak muncul link download (muncul page 404 not found), maka harap mengulangi proses dengan mengulang klik tombol download di atas.


Berikut ini adalah judul judul puisi chairil anwar yang bisa di download dari link di atas  :

1. Puisi chairil anwar  : Aku
2. Puisi chairil anwar  : Derai-derai Cemara
3. Puisi chairil anwar  : Tuti Artic
4. Puisi chairil anwar  : Lagu Siul
5. Puisi chairil anwar  : Tak Sepadan
6. Puisi chairil anwar  : Cintaku Jauh di Pulau
7. Puisi chairil anwar  : Sajak Putih
8. Puisi chairil anwar  : Prajurit Jaga Malam
9. Puisi chairil anwar  : Yang Terampas Dan Yang Terputus
10. Puisi chairil anwar : Rumahku
11. Puisi chairil anwar : Senja Di Pelabuhan Kecil
12. Puisi chairil anwar : Malam
13. Puisi chairil anwar : Malam Di Pegunungan
14. Puisi chairil anwar : Krawang – Bekasi
15. Puisi chairil anwar : Hampa
16. Puisi chairil anwar : Doa
17. Puisi chairil anwar : Tuhanku
18.Puisi chairil anwar : Diponegoro
19. Puisi chairil anwar : MAJU
20. Puisi chairil anwar : PERSETUJUAN DENGAN BUNG KARNO
21. Puisi chairil anwar : ibu
22. Puisi chairil anwar : aku berkaca
23. Puisi chairil anwar : Di mesjid
24. Puisi chairil anwar :Isa


Puisi - puisi chairil anwar tidak hanya berjumlah 24 judul seperti yang disebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi puisi karya chairil anwar. Menurut wikipedia Chairil Anwar telah menghasilkan karya berjumlah 75 puisi, 7 prosa, dan 3 koleksi puisi. chairil anwar juga telah menerjemahkan 10 puisi dan 4 prosa. Kebanyakan puisi-puisi asli karya chairil Anwar dimasukkan dalam versi koleksinya yaitu: Deru Campur Debu (1949), Kerikil-Kerikil Tajam dan yang Terampas dan yang Putus (1949), dan Tiga Menguak Takdir (1950)

Sekian artikel dengan bahasan mengenai puisi chairil anwar dan karya sastra karya Chairil Anwar ini, semoga chairil anwar dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita semua terutama untuk giat menulis dan berkarya "karena dengan menulislah kita bisa dikenang selamanya". 
Thank You.


Tags :
  • Daftar puisi chairil anwar
  • Download pusis chairil anwar
  • puisi aku charil anwar
  •  Kumpulan puisi chairil anwar
  • chairil anwar
  • Puisi chairil anwar
  • Biografi chairil anwar
  • Biografi singkat Chairil anwar
  • karya sastra chairil anwar
























0 Response to " Puisi Chairil anwar (Karya Sastra Chairil Anwar) ::: Download .docx "

Posting Komentar